Charger HP memang bukan hal yang begitu diperhatikan oleh pengguna HP di jaman sekarang. Selama bisa digunakan untuk mengisi daya baterai HP, maka pengguna HP akan terus menggunakan charger tersebut.

Bahkan tidak sedikit orang yang tidak ragu untuk menggunakan charger baterai HP KW atau tidak original. Padahal, menggunakan charger baterai HP KW itu sangatlah berbahaya dan akan sangat merugikan anda sendiri.

Belum tau apa saja kerugian yang bisa anda alami hanya karena menggunakan charger baterai HP KW? Bagi anda yang belum tau apa kerugiannya menggunakan charger HP KW, anda bisa simak penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

5 Macam Risiko yang Harus Siap Anda Alami Karena Menggunakan Charger Baterai HP KW

Meskipun tampaknya tidak begitu penting, faktanya charger baterai HP itu memegang peranan yang sangat penting. Jika anda menggunakan charger HP sembarangan untuk mengisi ulang daya baterai HP, maka anda beresiko mengalami beberapa masalah berikut ini:

  • Kerusakan pada IC Charge

Ketika anda menggunakan charger baterai yang tidak original atau KW, maka risiko pertama yang bisa anda alami adalah IC Charge yang ada di dalam HP anda berpotensi mengalami kerusakan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Semua itu disebabkan karena tegangan listrik yang dihantarkan oleh charger tidak stabil sehingga merusak komponen penting seperti IC Charge.

  • Kerusakan pada IC Power

Selain IC Charge, menggunakan charger baterai HP KW juga sangat berpotensi merusak komponen lain seperti IC Power.

Sama halnya seperti IC Charge, komponen IC Power di dalam HP sangat rentan terhadap aliran listrik yang tidak stabil. Pasalnya, IC Power ini adalah komponen yang berperan menjadi penyeimbang tegangan di dalam HP.

Jadi jika tegangan yang dihantarkan dari charger HP KW tidak stabil, maka cepat atau lambat komponen IC Power akan mengalami kerusakan.

  • Cell baterai HP akan lebih cepat rusak

Karena tegangan yang dihantarkan dari charger baterai HP KW itu cenderung tidak stabil, secara otomatis baterai HP sendiri akan terkena imbasnya.

Tegangan listrik yang tidak stabil tersebut lama kelamaan akan merusak cell baterai HP anda dan membuat baterai HP menjadi melembung.

  • HP tidak bisa di-charge

Risiko lain yang juga bisa anda alami hanya karena menggunakan charger baterai HP KW adalah lama kelamaan anda tidak akan bisa lagi melakukan pengisian daya baterai HP anda.

Jadi ketika anda menghubungkan HP dengan charger, HP anda tidak akan menunjukkan respon apapun. Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada komponen charge di dalam HP.

  • HP mati total

Risiko terburuk yang juga harus siap anda tanggung ketika menggunakan charger baterai HP KW adalah anda harus siap jika sewaktu-waktu HP anda mati total secara tiba-tiba.

Kondisi HP mati total ini biasanya disebabkan karena komponen IC power dan beberapa komponen lainnya sudah tidak bisa berfungsi lagi.

Hal tersebut biasanya disebabkan karena penggunaan charger HP yang tidak sesuai standard sehingga membuat komponen HP terbakar aliran listrik yang terlalu tinggi.

Ciri-Ciri Charger Baterai HP KW yang Perlu Anda Ketahui

Ya, memang ada banyak sekali risiko yang harus siap anda tanggung jika menggunakan charger baterai HP KW.

Namun sayangnya, banyak sekali penjual charger nakal yang memang menjual charger KW yang mirip dengan charger original.

Melihat fakta tersebut, maka mau tidak mau anda juga harus tau bagaimana ciri-ciri dari charger baterai HP KW tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri charger HP KW:

  • Tidak terdapat stiker hologram

Ciri pertama dari charger HP yang tidak original adalah tidak terdapat stiker hologram pada bagian bodi charger.

Semua charger HP original dipastikan memiliki stiker hologram. Stiker hologram yang ditempelkan pada bodi charger HP original tersebut biasanya bertuliskan distributor resmi dari HP yang anda miliki.

  • Kualitasnya terasa murahan

Selain dari stiker, anda juga bisa membedakan charger baterai HP KW dengan yang original dari kualitasnya. Charger HP yang original dipastikan memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

  • Proses pengisian baterai terasa lama

Charger baterai HP KW dan yang original juga bisa dibedakan dengan mudah ketika digunakan untuk mengisi daya baterai HP anda.

Charger HP yang KW atau tidak original biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan pengisian daya baterai sampai penuh. Hal tersebut disebabkan karena komponen charger KW jauh lebih jelek dari komponen charger original.

  • Ada beberapa fitur HP yang tidak bisa digunakan saat di-charge

Selain dari cepat lambatnya proses pengisian baterai HP, charger baterai HP KW dan original juga bisa dibedakan dari bagaimana fungsi fitur HP ketika sedang di-charge.

Ketika HP sedang di-charge menggunakan charger baterai KW, biasanya memang ada beberapa fitur HP yang tidak bisa beroperasi dengan optimal.

Pada umumnya, charger KW akan membuat fitur finger print dan juga touch screen HP menjadi tidak bisa bekerja secara optimal.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan apa saja risikonya menggunakan charger baterai HP KW dan bagaimana cara membedakan charger HP yang asli dengan yang KW?

Jadi mulai sekarang, pastikan hanya pakai charger baterai HP original setiap melakukan pengisian daya baterai pada HP anda ya.

No more articles